Dana Alokasi Khusus

Dana Alokasi Khusus (DAK)

Bagi kalian masyarakat Bojonegoro, sudah tidak asing kan mendengar kata DAK? Apa sih DAK itu? Karena saya juga masih duduk di bangku SMA, ingin saya berbagi sedikit apa yang saya tau mengenai apa itu DAK. Menurut saya, Dana Alokasi Khusus yang biasa disebut DAK ini adalah sistem bantuan dana alokasi yang diberikan pemerintah kepada siswa - siswi yang berada di tingkatan Sekolah Menengah Atas atau sederajat (SLTA). Seperti namanya yaitu dana alokasi, dana ini diberikan hanya kepada masyarakat setempat di wilayah tertentu yang memberlakukan sistem tersebut. Manfaat DAK hampir sama dengan dana BOS, membantu meringankan siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya. Dengan adanya dana tersebut diharapkan suatu wilayah yang memberlakukannya dapat memperoleh generasi yang berpendidikan tanpa terbebankan oleh biaya.

1. Proses Pencairan DAK
Pada tahun pertama, proses pencairan DAK dilakukan dengan sistem koordinir oleh dua pihak. Yang pertama dibagikan melalui pemerintah desa, lalu yang kedua dikoordinir oleh pihak sekolah. Namun pada tahun kedua ini, Proses pencairan DAK dilakukan dengan individu oleh masing - masing siswa. Berikut sedikit ulasan cara saya memperoleh dana DAK tahun ini:

  • Pemberitahuan pencairan DAK tentu akan dikoordinir oleh pemerintah desa. Jika anda memperoleh DAK, tentu akan ada undangan yang dikirim ke rumah anda untuk sosialisasi pencairan Dana Alokasi Khusus tersebut melalui pemerintah desa setempat.
  • Jika anda masih kelas 1 SLTA maka anda akan memperoleh tabungan baru, namun jika anda sudah pernah mendapatkan tabungan Dana Alokasi Khusus tersebut maka tabungan tersebutlah yang akan anda gunakan lagi untuk mencairkan Dana tersebut.
  • Anda akan mendapatkan bukti setoran berupa (Slip) dari pemerintah desa sebagai bukti jika anda benar-benar memperoleh Dana Alokasi tersebut. Slip bukti setoran tersebut akan didapat pemerintah desa setempat dari Bank Daerah setempat (bank BPR).
  • Karena penggunaan setiap DAK sangat diperhatikan maka penarikan dana tersebut hanya bisa dilakukan jika mendapat rekomendasi dari pihak sekolah. 
  • Ketika datang ke Bank, jika diwakilkan oleh orang tua maka beliau harus membawa Kartu Keluarga asli, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy kartu pelajar siswa yang memperoleh DAK, KTP dan surat rekomendasi pencairan DAK dari pihak sekolah. Jika anda mencairkan dana sendiri seperti saya, maka anda tidak perlu membawa Kartu Keluarga  dan KTP orang tua yang asli. Namun harus membawa kartu pelajar asli.
  • Ketika sampai di bank, anda akan di beri nomor antrian. Ketika nomor anda dipanggil, anda akan mengumpulkan semua berkas yang anda bawa atau mungkin dijelaskan bila ada persyaratan yang tertinggal. jika berkas sudah tepat, nama anda akan dipanggil dan anda akan pulang membawa Dana Alokasi tersebut.
2. Tujuan Kegunaan DAK
Bantuan ini diberikan kepada masyarakat dari hasil tambang minyak dan pemasukan daerah Bojonegoro, tujuannya ya untuk mensejahterakan masyarakat setempat serta untuk meningkatkan kualitas generasi pemuda - pemudinya. Bagi masyarakat yang ingin berhenti melanjutkan sekolah tingkat SLTA sudah tidak bisa lagi menggunakan alasan biaya. Karena bantuan DAK ini diberikan untuk meringankan biaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sekolah tingkat SLTA.

3. Kegunaan DAK secara real
Begitu banyak keperluan yang harus dipenuhi untuk melanjutkan sekolah tingkat SLTA, saya sendiri secara nyatanya menggunakan bantuan Dana Alokasi Khusus tersebut untuk kebutuhan saya di sekolah. Untuk membayar uang SPP/bulan, membeli tas, buku paket, sepatu dan lain sebagainya. Namun jujur saya terkadang merasa bahwasannya meskipun ada bantuan dari pemerintah, keperluan bukan semakin ringan malah menjadi semakin mencekik. Yah, begitulah hidup, meskipun kadang tidak adil namun sebenarnya hidup itu indah. Kita juga harus tetap bersyukur tinggal di kota yang perduli terhadap masyarakatnya, bersyukur mendapat bantuan dari pemerintah untuk bersekolah lebih mudah dan menggapai cita-cita lebih tinggi. Saya harap selanjutnya dari pemerintah lebih mendukung lagi siswa yang ingin melanjutkan bersekolah ke Perguruan Tinggi Negeri dengan jalur prestasi atau bidik misi agar Bojonegoro akan lebih harum lagi dibawa oleh para Mahasiswa yang tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Demikian sedikit ulasan saya mengenai Bantuan Dana Alokasi Khusus dari pemerintah Bojonegoro. Tak lupa saya sampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang bersangkutan dengan adanya Pembagian Bantuan Dana Alokasi Khusus ini. Terimakasih mulai dari pihak pemerintah sendiri yang memberikan dan mengelola, terimakasih untuk pemerintah desa yang mau mengkoordinir, terimakasih untuk pihak sekolah yang mendukung dan seluruh pihak yang terus mendukung terlaksananya bantuan ini. Semoga kedepannya akan lebih baik lagi, mulai dari pelayanannya, sistem pencairannya, pengelolaannya, dan semoga dapat mencetak generasi yang berkualitas seimbang dengan apa yang telah diberikan pemerintah untuk kami semua siswa-siswi masyarakat Bojonegoro.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya.. Sampai jumpa di artikel - artikel lainnya, ikuti terus ya..!! Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar